You must enable Javascript in your browser to run or open this site.

Masalah Loading Blog

Masalah Loading Blog? Hmmmm.. waktu itu saya pernah membuka blog blog orang. Pada saat membuka blog orang, ya ampun lamanya bukan main. Karna kelamaan langsung saya close saja tab untuk blog tersebut. Peristiwa itu juga pernah dialami oleh saya. Blog saya sampai di komenin temen blogger saya. Saya mencari gara gara kenapa peristiwa itu bisa terjadi di blog saya. Rupanya peristiwa lambatnya blog dikarnakan sebagai berikut.

Javascript berlebihan
Mencoba javascript yang kursor bertabur bintang dan kursor diikuti tulisan (.js) membuat lama akan gerak gerik sobat di blog atau bisa juga membuat javascript Flash type yang nyala dengan otomatis. Marquee juga loh sob, tulisan yang bergerak kesamping kanan, kiri, atas, dan bawah itu termasuk yang di tab bar tulisan bergerak itu. Waktu itu saya sempat mampir ke blog teman yang memakai Javascript Daun jatoh uhhh lamanya bukan main deh. Kalau di blog saya ada satu yaitu musik, tapikan gak otomatis jadi masih tetep cepet ^^.

Solusi : Kurangi pemakaian Javascript atau .js menjadi yang penting penting saja dan ubah javascript yang flash menjadi tidak otomatis kalau bisa.

Jumlah Postingan dan Full Post
Saya berkunjung ke blog orang lain lumayan lama ngeload blognya. Setelah diliat liat ya allah! Ada puluhan Posting atau artikel. Memang wajar tapi Full Post! Gak bisa dibayangin scroll sampe menipis kayak semut -__-. Itu cukup membuat lambat loading blog dan menyusahkan orang lain atau pengunjung.

Solusi : Kurangi jumlah postingan dengan cara Pilih Setting → Formatting → Angka Show at most di kurangkan menjadi sedikit dan disarankan memakai ReadMore.

CSS yang banyak
Di blog tepatnya di edit Html ada yang namanya code CSS. kode CSS di blog memang kiranya tidak sedikit dan memerlukan banyak ruang. CSS kiranya seperti dibawah ini.
body {
background: #000000 repeat top;
background-attachment:none;
font-size: 11px;
font-family: Arial, 'Lucida Grande', Verdana, Arial, Sans-Serif;
color: #DE0101;
height: 100%;
width: 1000px;
margin: 10px auto;
padding: 0px;
text-shadow: 3px 3px 5px #000000;
}

Solusi : Perlu di Compress menjadi ukuran yang kecil, kalau saya dengan jasa website http://www.csscompressor.com/ atau http://www.cssdrive.com/.

Gambar Berlebih
Gambar bermuatan skala yang besar yang termasuk membuat rame blog dan memperlambat juga. Apa lagi blog dipenuhi iklan iklan gambar gambar .gif yang bermuatan cukup besar. Kasian blognya kesempitan hehe.

Solusi : Iklan menurut saya tak usah dipasang, apa lagi iklan ads gitu. Kecuali kalo emang pasang iklan dapet duit sob ^^.

Blog tuh coba punya perasaan, kan kasian dia harus ngeload kemana mana tanpa berhenti. Contoh seperti gambar dibawah. Ngeload keberbagai situs yang diletakan di blog sobat.


Membaca www.widgeo.net
Mentransfer data dari www.widgipedia.com...
Mentransfer data dari feedjit.com..

Selesai deh masalah saya ^^. Makasih telah membaca :)

5 comments

  1. Wuiiih... ini artikel memang unik tapi mengandung petunjuk yang bermanfaat bagi saya. Kalau bisa, beri petunjuk tentang blog saya, Guys. Apakah cukup familiar, dan apa saja yang perlu saya kurangi agar maksimal loading tercapai??? Thanks atas attensi Anda.

    BalasHapus
  2. Sob blog sobat memang sih terlihat rame... coba deh diminimalizir widget and javascriptnya supaya loadnya maksimal

    BalasHapus
  3. Apa yang posting bagus. Saya sangat suka membaca jenis atau artikel. Saya tidak sabar untuk melihat apa yang orang lain katakan.

    BalasHapus
  4. bagus gan infonya, jadi kepikiran loading blog'ku :)

    BalasHapus
  5. To Anonim : heheheh thanks ya suportnya :)
    To Cirebon-Cyber4r : cepat lambat blog tergantung si admin :)

    BalasHapus